Kamis, 25 Oktober 2012

Rokok Lelet, Bersantai Dengan Rokok Bercita rasa Kopi



Rokok Lelet - Di daerah Jawa Tengah, Khususnya Lasem, Rembang. Terdapat sebuah kebiasaan unik untuk menikmati citarasa sebuah rokok. Rokok yang biasanya hanya bercita rasa cengkih dibuat menjadi penuh cita rasa kopi oleh warga Lasem, Jawa Tengah dengan kebiasaan “Ngelet” mereka.

warung kopi

Budaya menikmati rokok lelet ini awalnya muncul dari kebiasaan warga menorehkan ampas kopi diatas sebatang rokok, ampas tersebut tidak hanya ditorehkan begitu saja, namun ampas rokok tersebut ditorehkan hingga membentuk suatu motif yang khas yaitu motif batik.

Kopi yang disuguhkanpun mempunyai tekstur ampas yang berbulir lebih lembut dan mempunyai cita rasa yang khas sehingga dinamai kopilelet.

Masyarakat Lasem sudah menganggap budaya ngopi dan ngelet ini sebagai bagian dari kehidupan mereka. Hampir disetiap warung di rembang anda dapat menemukan perlengkapan “Ngelet”, Bahkan tempat khusus untuk mengeringkan batang rokok yang telah dilelet. Biasanya gosip hangat yang turut didampingi oleh nikmatnya cita rasa kopi lelet dan uniknya menghisap rokok lelet.

rokok lelet

rokok

Di Rembang sendiri, budaya “Ngelet” telah berkembang menjadi sebuah kesenian khas daerah tersebut. Sampai sampai pemerintah dan perusahaan setempat mengadakan kejuaraan “Ngelet” setiap tahunnya. Berbagai kalangan dari yang tua, muda, bahkan sampai anak anak berlomba membuat kreasi yang seunik mungkin dalam seni ngelet mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar